Senin, 25 November 2013

Macam Macam Gerbang logika


Selamat sore sahabat semuanya kali ini saya akan menjelaskan mengenai elektronika komputer yang mana ini juga termasuk ilmu pengetahuan teknologi baik itu pada komputer ataupun pada elektronika lainnya tapi ini lebih menjurus pada komponen-komponen elektronikanya. Alasan menulis dengan judul Macam-macam Gerbang Logika Atau GATE ini karena nanti sore saya mau ujian sistem digital, nah jadi daripada melewatkan waktu untuk memposting lebih baik saya posting mengenai Macam-macam Gerbang Logika Atau GATE sambil menghafal atau mengulang-ulang kembali dengan menulis postingan ini dan semoga nanti ujian dapat menjawabnya Amiin..

Baik sahabat saya akan jelaskan semua jenis-jenis gerbang logika atau gate ini. Oh ya gate yang dimaksud disini adalah gerbang. Ada 7 jenis-jenis gate atau gerbang logika yaitu AND, OR, NOT, NAND, NOR, XOR, XNOR. Kita akah bahas satu persatu :
  • Gerbang AND atau Gate AND
Gerbang logika AND adalah apabila semua masukan pada input bernilai satu maka hasilnya adalah satu. Dan jika salah satu dari inputnya bernilai nol  maka hasilnya nol apalagi kedua-dua inputnya bernilai nol sudah pasti hasilnya nol. Contoh  Input: A=1 B=1 maka hasilnya atau Output Y=1. Jika Input: A=1 B=0 maka hasilnya Y=0 Dan begitu juga yang lainnya jika Input A=0 B=0 maka hasilnya tetap Y=0
  • Gerbang OR atau Gate OR
Gerbang logika OR adalah jika salah satu inputnya bernilai satu maka hasilnya atau otuputnya menghasilkan nilai satu. Dan jika kedua-dua inputnya bernilai nol maka hasilnya nol.contoh : Input : A=1 B=0 maka hasilnya Y=1, Input A=1 B=1 maka hasilnya Y=1. Dan jika Input A=0 B=0 maka hasilnya Y=0.
  • Gerbang NOT atau Gate NOT
Gerbang logika NOt adalah kebalikan atau konverter/merubah jika nilai A=1 Maka Nilai Y=0 Jika nilai B=0 maka Nilai Y=1. Berarti disini kita membalikan nilainya.
  • Gerbang NAND atau Gate NAND
Gerbang NAND adalah jika kedua-dua masukkan bernilai satu maka hasilnya adalah nol dan jika salah satu dan kedua-duanya masukkan nol maka hasilnya adalah satu. contoh : Input A=1 B=1 maka hasilnya Y=0, jika Input A=1 B=0 maka hasilnya Y=1 kemudian Jika input A=0 B=0 maka hasilnya Y=1
  • Gerbang NOR atau Gate NOR
Gerbang NOR adalah jika salah satu dan  kedua-dua nilai inputnya satu maka hasilnya adalah nol dan jika kedua-dua inputnya bernilai nol maka hasilnya adalah satu. contoh : jiak Input A=1 B=0 maka hasilnya Y=0, jika Input A=1 B=1 maka hasilnya Y=0 kemudian jika Inputnya A=0 B=0 maka hasilnya adalah Y=1.
  • Gerbang XOR atau Gate XOR
Gerbang XOR adalah apabila kedua-dua input bernilai sama baik itu nilainya 0 atau 1 maka hasilnya adalah Y=0 dan jika salah satu bernilai 1 atau 0 maka hasilnya adalah Y=1
  • Gerbang XNOR atau Gate XNOR
Gerbang XNOR adalah apabila kedua-dua inputnya bernilai sama baik itu nilainya 0 atau 1 maka hasilnya adalh Y=1 dan jika salah satu bernilai 1 atau 0 maka hasilnya adalah 0.

0 komentar:

Posting Komentar